FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Pemkot Pekalongan Beri Penghargaan Sekolah Ramah Anak

KBRN, Pekalongan : Sebanyak 129 dari 511 Sekolah Ramah Anak (SRA) di Kota Pekalongan mengikuti evaluasi yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPMPPA). Sekolah yang menyandang predikat utama mendapat penghargaan dari Pemkot Pekalongan.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPMPPA, Nur Agustina SPsi MM saat ditemui di kantornya, Senin (29/11/2021). "Kami telah melakukan evaluasi pada tanggal 22 November kemarin dan memberikan penghargaan SRA serta menyerahkan papan identitas SRA," terangnya.

Agustin menegaskan, untuk mewujudkan kota layak anak banyak aspek yang harus disiapkan salah satunya yakni SRA. "SRA ini yang menjadi rumah besar untuk menjalankan program dari kementerian-kementerian, sekolah yang sehat, aman, bersih, berkarakter, memenuhi serta menghargai hak anak, dan melindungi anak dari kekerasan dan diskriminasi," jelasnya.

Pihaknya menyebutkan, termasuk program sekolah penggerak dan anti bulying yang tengah dicanangkan. "Ini harus ada sinergitas, pasalnya ada enam indikator yang harus dicapai yakni adanya kebijakan atau upaya untuk menghargai dan memenuhi hal anak, adanya kurikulum ramah anak, kesiapan para pendidik, adanya partisipasi anak untuk diminta pendapatnya, partisipasi orang tua, alumni, dan masyarakat," bebernya.

Dia menjelaskan, dari 511 SRA dari berbagai jenjang baik PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, dan SLB baik di bawah naungan Dindik Kota Pekalongan, Dindik Provinsi Jawa Tengah, dan Kemenag diadvokasi semua. Kendati demikian ya!g ikut evaluasi ada 129 sekolah. "Ada empat kategori SRA yakni Utama, Nindya, Madya, dan Pratama. Sekolah yang mendapat penghargaan utama dapat menjadi percontohan bagi SRA lainnya," tandasnya. (Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar