MAN Pekalongan Adakan Prosesi Basuh Kaki Ibu

Prosesi Basuh Kaki Ibu pada Jumat (12/8/2022). Kegiatan ini dimulai pukul 07.00-11.00 WIB di musholla madrasah

KBRN, Pekalongan: Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) Pekalongan mengadakan prosesi Basuh Kaki Ibu yang berlangsung lancar, khidmad, dan penuh rasa haru serta dengan ikhlas membasuh kaki orang tua serta bersimpuh di pangkuan orang yang telah melahirkan dan membesarkannya.

Saat prosesi Basuh Kaki Ibu berlangsung, peserta didik dipandu oleh Kepala MAN Pekalongan menyampaikan permohonan maaf, seraya memohon ridho orang tua dalam melangkah disetiap kegiatannya.

Setelah membasuh kaki ibu, dilanjutkan dengan membasuh muka anak yang dilaksanakan dengan penuh penjiwaan dan rasa haru saat sholawat lantunkan. Semua peserta didik bersimpuh di kaki orang tua dan diakhiri dengan pelukan erat berurai air mata bahkan sampai menangis terisak-isak.

H. Syaefudin, M. Pd. I, Kepala MAN Pekalongan mengungkapkan prosesi Basuh Kaki Ibu ini dimaksudkan untuk mendidik peserta didik menjadi anak Saleh Salehah, dan berbakti kepada orang tua.

“Prosesi yang sangat mengharukan ini, dilakukan sebagai bentuk implementasi dari visi dan misi MAN Pekalongan yakni membangun generasi saleh dan salekhah," ungkapnya

Indah Ulfiana Najah salah seorang peserta merasa haru saat membasuh kaki ibunya. “Ibu, Indah sayang ibu," ungkap Indah dengan deraian air mata.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar