Merasa Nyaman, Belasan Warga Pilih Ngungsi di Perahu

KBRN, Kendal :  Banjir rob masih melanda di Kelurahan Karangsari Kendal hingga Kamis (26/5/2022). Genangan air masih berada di akses jalan dan pemukiman warga. Sebagian warga ada mengungsi di tempat saudara, rumah tetangga yang aman dari banjir. Ada juga yang memilih tidur di dalam perahu miliknya yang disandarkan di tepi sungai dekat rumahnya. 

Sebenarnya, pihak Pemkab siap menyediakan tempat mengungsi, namun belasan kepala keluarga lebih memilih mengungsi di dalam perahu miliknya. Mereka adalah warga yang rumahnya di sepanjang tepi sungai yang biasa dijadikan tempat menyandarkan perahunya. 

Santoso, warga Kelurahan Karangsari mengaku merasa lebih nyaman mengungsi di dalam perahu, karena dekat rumahnya. Alasannya, karena tempat bersandar perahu berada di depan rumah, sehingga bisa langsung mengawasi rumahnya terkena banjir rob. 

"Mengungsi di dalam perahu ya ada resikonya, jika hujan turun dengan angin yang kencang," ujarnya.

Wakil Ketua Karang Taruna Karangsari, Imam Purwanto mengatakan, para pemuda Karang Taruna selalu menjaga keamanan rumah-rumah warga yang ditinggal mengungsi, juga warga yang tidur di perahu selalu dipantau. Setiap dua jam sekali pemuda berpatroli ke lokasi yang terendam rob untuk memastikan kondisi aman.

“Dipantau terus perkembangan banjir dengan patroli keliling kampung. Juga ikut mendistribusikan bantuan makanan,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar