Larang Knalpot Brong, Polres Blora Datangi Bengkel Motor

KBRN, Blora : Petugas Satlantas Polres Blora melakukan sosialisasi ke sejumlah bengkel dan toko onderdil sepeda motor yang menjual knalpot brong. Petugas meminta mereka untuk tidak kembali menjual knalpot brong, karena keberadaannya mengganggu masyarakat.

Kasatlantas Polres Blora AKP Edi Sukamto mengatakan sosialisasi ini berdasarkan Undang-Undang (UU) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terkait larangan penggunaan knalpot tidak standar. "Rujukannya dari UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tujuannya supaya masyarakat, khususnya di Kabupaten Blora dapat mematuhi tata tertib lalu lintas, khususnya sepeda motor sesuai spek atau standar,” ucap Kasat Edi Sukamto, Jumat (14/1/2022).

Sesuai aturan tersebut, Edy secara tegas melarang penggunaan knalpot brong. Pihaknya pun menghimbau kepada pelaku usaha knalpot untuk tidak menjual maupun membeli knalpot brong agar tidak memicu keresahan masyarakat. “Karena penggunaan knalpot brong meresahkan masyarakat yang lain akibat suaranya yang bising dan tidak sesuai standar pabrikan. Penambahan asesoris yang tidak standar bisa membahayakan,” ungkapnya.

Dengan adanya sosialisasi larangan penggunaan knalpot brong ini, diharapkan toko, bengkel, dan komunitas otomotif sadar atas keresahan masyarakat yang selama ini amat terganggu. "Sekarang ini masih banyak oknum yang mengendarai motor berknalpot brong. Padahal tindakannya itu menganggu dan meresahkan warga," jelasnya. (Ramananda)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar