Daftar Pemilih Berkelanjutan di Pati 1.030.295 Jiwa

KBRN, Pati : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati memutakhirkan daftar pemilih berkelanjutan peride Oktober 2021. Ini untuk menjaga data pemilih yang nantinya digunakan untuk pemilu-pemilu mendatang.

Pemutakhiran atau update daftar pemilih berkelanjutan tersebut berlangsung dalam rapat pleno di aula KPU Kabupaten Pati, Jumat (29/10/2021).

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Pati Khoirun Nikmah, pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan tersebut sebagai amanat UU Nomor 7 tahun 2017.  

“Pada Pasal 20 (1) menyebutkan bahwa KPU kabupaten/kota berkewajibanmelakukan pemutakhiran data pemilihsaecara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependuduk sesuai perundang-udangan,” katanya.

Dia menambahkan, pada rapat pleno itu, KPU Kabupaten Pati menetapkan jumlah pemilih berkelanjutan sejumlah 1.030.295 juta jiwa. “Dari total itu, terdiri dari 506.258 pemilih laki-laki dan 5243.037 pemilih perempuan,” jelasnya.

Khoirun Nikmah berharap masyarakat berpartisipasi dalam proses pemutakhiran daftar  pemilih berkelanjutan ini. Masyarakat bisa memberikan informasi apabila ada warga yang sudah berusia tahun atau sudah menikah, ada anggota keluarga yang meninggal dunia, perubahan status TNI/Polri, atau ada perbaikan data pemilih.

“Tanggapan dan masukan masyarakat dapat disampaikan dengan datang ke Sekretariat KPU Kabupaten Pati atau melalui bit.ly/dpb-kpupati2021,” pungkas Komisioner KPU Kabupaten Pati Khoirun Nikmah. (Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar