Bupati Lantik 13 Kepala Dinas di Kampung Samin

KBRN, Blora : Bupati Blora Arief Rohman kembali merotasi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Blora. Kali ini, giliran pejabat eselon dua atau setingkat kepala dinas yang mengalami pergeseran. Uniknya pelantikan kali ini digelar di kampung adat Samin yang berada di Desa Klopoduwur.

Dengan mengenakan pakaian baju tradisional sedulur sikep serba hitam dan iket kepala batik, Bupati memimpin pelantikan 13 pejabat eselon 2 dengan sederhana.

“Selamat kepada 13 pejabat eselon 2 yang hari ini dilantik. Mutasi adalah bagian dari perjalanan pemerintahan, untuk penyegaran yang lebih baik lagi. Saya minta semuanya bisa segera menyesuaikan diri dan bergerak bersama untuk Sesarengan mBangun Blora,” ungkap Arief Rohman, Jumat (12/11/2021).

Pihaknya menyampaikan dipilihnya Kampung Adat Samin Karangpace sebagai lokasi pelantikan karena ingin mengajak para pejabat ini untuk meneladani kesederhanaan dan kejujuran sedulur sikep. Agar dapat dilaksanakan dalam menjalankan pemerintahan di Kabupaten Blora.

“Saudara sedulur sikep dikenal kesederhanaan hidupnya, kejujurannya, dan apa adanya, tidak serakah terhadap harta. Oleh karena itulah, kami minta Mbah Lasiyo selaku sesepuh bisa memberikan arahan kepada para pejabat Pemkab,” ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan bahwa kemarin dirinya baru saja mengikuti rapat koordinasi dengan Ketua KPK. Pihaknya menegaskan agar seluruh pejabat ini bisa berhati-hati dan menjauhi niat korupsi sedikit apapun.

“Mengutip pesan Pak Ketua KPK, seberapa kecil pendapatan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan seberapa besar pendapatan tidak akan cukup memenuhi gaya hidup. Kuncinya komitmen dan integritas agar niat korupsi ini tidak muncul,” tegasnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora,  Heru Eko Wiyono,  menyampaikan 13 pejabat eselon 2 yang dilantik diantaranya, Reni Miharti,  yang tadinya kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dilantik menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Kedua Sugiyono, yang tadinya Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dilantik menjadi Inspektur Daerah. Ketiga . Purwanto, tadinya Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP, dilantik menjadi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Keempat, Henny Indriyanti, tadinya Asisten Administrasi Umum Setda menjadi Kepala Bappeda. Kelima,  Kunto Aji sebelumnya Inspektur Daerah menjadi Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata.

Kemudian keenam, Slamet Pamudji , dari Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata  menjadi Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Ketujuh. Suryanto tadinya Asisten Perekonomian dan Pembangunan, menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Kedelapan, Hendi Purnomo,  dari Kepala Dinas Pendidikan menjadi Kepala Satpol PP.

Kesembilan, Pratikto Nugroho, dari Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Perhubungan menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Kesepuluh, Achmad Nurhidayat, dari Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga  Berencana menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Kesebelas, Aunur Rofiq, tadinya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menjadi Kepala Dinas Pendidikan. Lalu keduabelas,  Djoko Sulistiyono dari Kepala Satuan Polisi Pamong Praja menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Terakhir , Hariyanto, dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda.

“Dari pelantikan ini masih ada beberapa jabatan eselon 2 yang kosong diisi dengan pejabat pelaksana tugas atau Plt,” ucap Heru Eko Wiyono.

Untuk Plt, menurutnya Bupati menetapkan Retno Kusumowati, sebagai Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan,  Sugiyanto, sebagai Plt. Asisten Administrasi Umum; Winoto sebagai Plt. Kepala DPMPTSP, dan Pitoyo Trusingtyas Sarodjo sebagai Plt. Kepala Dinrumkimhub.

(Ramananda)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar