Pokdarkamtibmas Dibentuk, Tingkat Kerawanan Ditekan

KBRN, Batang : Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Batang membentuk Kelompok Sadar Kamtibmas (Pokdarkamtibmas) di tingkat Kabupaten Batang, sehingga terjalin sinergi dan komunikasi yang baik untuk menekan tingkat kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan masyarakat desa.

Kaurbinops (KBO) Satbinmas Polres Batang, Ipda Ali Sadikin menyampaikan, apabila di suatu wilayah terjadi peristiwa, ketua Pokdarkamtibmas dapat mengkomunikasikan dengan jajarannya atau dengan pihak kecamatan, yang langsung dihubungkan aparat kepolisian.

“Peran Pokdarkamtibmas di tiap wilayah, untuk membantu tugas kepolisian menciptakan Kamtibmas di lingkungan setempat,” ungkapnya saat ditemui usai membentuk kepengurusan Pokdarkamtibmas Tingkat Kabupaten, di Balai Desa Terban, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Kamis (18/11/2021).

Peristiwa-peristiwa yang dapat ditangani, antara lain kejadian kecelakaan maupun pencurian yang rawan terjadi di lingkungannya.

“Mereka bisa mengambil langkah dengan menghubungi pihak yang berwajib,” ujarnya.

Ia menerangkan, anggota diambil dari berbagai kalangan baik aparat desa maupun sipil.

“Kami membentuk Pokdarkamtibmas untuk membantu tugas di desa binaan, karena jumlah personel Bhabinkamtibmas yang terbatas, sehingga dibentuklah kepengurusan dari tingkat kecamatan hingga kabupaten,” bebernya.

Ia mengimbau, ketua Pokdarkamtibmas berkoodinasi melihat kerawanan yang mungkin terjadi.

“Antisipasinya beragam seperti bencana alam saat musim penghujan, gangguan pidana dan kejadian-kejadian yang mengarah pada kriminalitas, dengan melakukan pembinaan di kalangan warga,” bebernya.

Ia mengharapkan, kiprahnya makin ditingkatkan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

“Itu semua bisa menanamkan kepercayaan semua pihak terhadap keberadaan Pokdarkamtibmas di Kabupaten Batang,” tegasnya.

Ketua Pokdarkamtibmas Batang, Lazim mengatakan, kepengurusan ini dibentuk demi mewujudkan keamanan yang diidamkan seluruh masyarakat. Keamanan tidak dapat terwujud dengan sendirinya, tetapi bisa timbul melalui peran dari jajaran Pokdarkamtibmas, yang merupakan bagian dari masyarakat itu sendiri.

“Alhamdulillah kepengurusan sudah dibentuk, sebagai ikhtiar bersama, untuk membantu tugas-tugas Polri, menciptakan keamanan ditengah-tengah masyarakat,” kata pria yang setiap harinya bertugas sebagai Sekretaris Desa Terban.

Ia menegaskan, tugas utamanya adalah menangkal agar tidak terjadi gangguan keamanan.

Pihaknya hanya melakukan pendekatan secara preventif maupun preemtif kepada warga, memberikan pemahaman jangan sampai perilakunya bertentangan dengan norma-norma keagamaan maupun kemasyarakatan, yang akan mengganggu terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kehadiran kami untuk menangkal hal-hal yang bersifat negatif. Misalkan ada pemuda yang menyalahgunakan obat-obatan terlarang, yang berpotensi menimbulkan tindak pidana,” imbaunya.

Ia mengharapkan, anggota Bhabinkamtibmas di masing-masing wilayah juga bersinergi dengan Pokdarkamtibmas. Sehingga fungsi dan kemanfatan dari keduanya dapat dirasakan masyarakat, dalam rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

“Dalam waktu dekat kepengurusan Pokdarkamtibmas yang telah dibentuk ini akan dikukuhkan oleh Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar