Pemkab Kudus Distribusikan Bantuan Penunjang Prokes Dari BNPB

KBRN, Kudus : Dalam upaya mendukung penerapan protokol kesehatan di masyarakat menjelang hingga pasca perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan penunjang protokol kesehatan seperti masker, sabun cuci tangan, dan hand sanitizer kepada Pemkab Kudus melalui BPBD Kudus.

Donasi tersebut dimaksudkan untuk penguatan kelembagaan antisipasi Covid-19 di masa Ramadan dan Lebaran 1443 H. Penyerahan dilakukan secara simbolis dari Kalakhar BPBD Kudus kepada Bupati Kudus H.M. Hartopo di Pendapa, Kamis (28/4/2022).

"Ini merupakan upaya antisipasi terkait penyebaran covid-19 baik sebelum dan sesudah lebaran. Diharap sosialisasi dan edukasi selalu diberikan kepada masyarakat agar tetap taat prokes, mengingat masih pandemi," pintanya.

Melalui Hartopo, donasi yang diterima Pemkab Kudus diserahkan langsung pada lembaga keagamaan hingga OPD terkait yang memiliki mobilitas tinggi.

"Kami berikan bantuan tersebut bagi yang memiliki mobilitas tinggi, baik lembaga keagamaan maupun OPD. Ada PC NU, PD Muhammadiyah, Dishub, Disbudpar, dan Dinas Perdagangan," sebutnya.

Hartopo meminta agar bantuan tersebut segera didistribusikan pada masyarakat melalui rumah ibadah atau fasilitas umum lainnya.

"Segera distribusikan, agar secepatnya dapat digunakan masyarakat," perintahnya.

Kalakhar BPBD Kudus Rinardi Budiyanto menyebut, sebanyak 8.050 sabun cuci tangan 500 ml, 1.850 hand sanitizer 100 ml, 35.000 masker medis diberikan pada rumah ibadah dan fasilitas umum lainya.

"Bantuan tersebut akan segera didistribusikan pada rumah ibadah (masjid/mushola) serta fasilitas umum lainnya seperti di pasar, terminal dan rest area lebaran, serta tempat wisata," jelasnya.

Sementara itu, Perwakilan PC NU Asyrofi Masyitoh menyambut baik langkah pencegahan covid jelang dan pasca lebaran ini. Pihaknya berharap semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat secara maksimal bagi masyarakat dalam upaya menerapkan protokol kesehatan.

"Alhamdulillah, akan kami maksimalkan secara penuh bantuan tersebut sebagai ikhtiar kita bersama dalam mencegah penularan covid jelang dan pasca lebaran nanti. Semoga masyarakat dapat patuh dan tertib menerapkan prokesnya masing-masing," pungkasnya. (RK)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar