Donor Darah Warnai Perayaan May Day di Kabupaten Pekalongan

KBRN, Pekalongan : Dalam rangka memeringati Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2022 lalu, Dinas Koperasi UKM dan Naker Kabupaten Pekalongan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), pengusaha dan Serikat Pekerja menggelar aksi donor darah di aula BLK Bojong, Kamis (19/5/2022). 

Kepala Dinkop UKM dan Naker Kabupaten Pekalongan melalui Kepala Bidang Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Tri Haryanto mengatakan, adanya Momentum Hari Buruh Internasional ini, dirinya bersama dengan rekan sesama buruh lainnya, tergerak untuk mewujudkan bakti buruh kepada masyarakat dengan aksi donor darah. 

"Selain kita mengarah ke dalam kemanusiaan juga selama ini sering dibantu oleh pihak PMI, ketika kita menanggulangi teman-teman yang kondisi di perusahaan itu mengalami kondisi sakit. Dengan momentum ini kami mencoba berbakti," jelasnya.

Donor darah ini, dikatakannya, memiliki dasar yang sama dengan aksi turun ke jalan untuk menyuarakan aksi buruh. Karena donor darah ini, sasarannya sama mementingkan hak buruh.

"Mayday ini memperingati hari buruh, kalau memperingati itu kan kita harus aksi atau apalah. Tapi yang penting dengan momentum ini memiliki dasar kegiatan karena sama juga mengabdikan diri dengan donor darah sama juga mementingkan hak buruh itu sendiri, karena yang selalu berhubungan dengan rumah sakit buruh itu sendiri," katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Pekalongan Arini Harimurti mengatakan, dirinya memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan donor darah yang berlangsung untuk memperingati May Day. 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Pekalongan, karena sampai saat ini kondisi stok darah di PMI Kabupaten Pekalongan cenderung menipis," katanya. 

Dalam situasi memprihatinkan, kegiatan donor darah ini menjadi sesuatu yang sangat positif, jika dibandingkan dengan daerah lain yang mengisi May Day dengan turun ke jalan.

"Saya mengajak kepada semua elemen untuk bisa donor darah. Hal tersebut sesuai slogan PMI sendiri 'Setetes Darah Anda Bukti Cinta kepada Sesama’ mengobarkan semangat para pekerja dan pengusaha di Kabupaten Pekalongan," ungkapnya. (Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar