Rayakan RUJ, Kwarran Kenalkan Gudep Lapas Batang

KBRN, Batang : Malam Renungan dan Ulang Janji (RUJ) dalam rangka Hari Pramuka tahun ini terasa berbeda. Jika tahun sebelumnya perayaan tersebut digelar di Kwartir Cabang (Kwarcab) atau Gedung Pramuka, namun di peringatan Hari Pramuka ke-61, Kwartir Ranting (Kwarran) memilih Lapas Kelas IIB Batang.

Alasan terbesar dipilihnya Lapas Batang sebagai tempat perayaan Renungan dan Ulang Janji karena pihak Kwarran ingin memperkenalkan kepada anggota Pramuka lain, bahwa para petugas Lapas telah menjadi bagian dari Gugus Depan (Gudep) Khusus.

Ketua Kwarran Batang, Nur Nasetya Nugroho menyampaikan, Gudep lain di tingkat SMA/SMK perlu mengetahui bahwa di Kwarran Batang telah hadir Gudep baru yang merupakan satu-satunya di lingkungan Lapas.

“Ada 150 peserta RUJ yang seluruhnya dari kalangan Penegak yang berada di tingkat SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta se-Kecamatan Batang,” ungkapnya, usai mengikuti RUJ, di Lahan Asimilasi Lapas Kelas IIB Kabupaten Batang, Sabtu (13/8/2022).

Gudep Lapas Batang baru dibentuk di tahun 2021, maka keikutsertaannya baru pada tahap pembinaan secara administrasi.

“Saat ini baru dari kalangan petugas Lapas yang jadi anggota, sedangkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) belum dibentuk karena masih dalam proses penataan. Yang penting unsur pembina dewasa putra dan putri dulu,” bebernya.

Ia memastikan, ke depan akan ada anggota Pramuka dari kalangan WBP dengan tetap memperhatikan usia yang termasuk Penegak, antara 16-17 tahun.

“Ke depan akan rutin digelar kegiatan kepramukaan di Lapas Batang, khusus bagi WBP, sebagai kegiatan ekstrakurikuler,” tegasnya.

Kepala Lapas Kelas IIB Batang, Rindra Wardhana mengatakan, dipilihnya lingkungan Lahan Asimilasi karena saat Renungan dan Ulang Janji memerlukan tempat yang lebih tenang dan nyaman.

“Sangat tepat jika Lapas Batang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan RUJ, karena Gudep Khusus nantinya juga siap berkontribusi untuk kegiatan kepramukaan,” terangnya.

Keikutsertaan WBP dalam kegiatan kepramukaan saat ini baru sampai ke ranah internal terlebih dahulu, namun tetap menginduk pada Kwarran dan Kwarcab Batang.

“Untuk menjadi anggota Pramuka Gudep Khusus, kami lebih mengedepankan bagi WBP yang memiliki kemauan kuat untuk ikut berlatih dan mengembangkan diri pada kegiatan kepramukaan,” tandasnya. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar