Mengenal Jason Dupasquier, Pembalab Moto3 Gugur di-Mugello

Foto: Ilustrasi Moto3 (Istimewa)

KBRN, Jakarta: Suasana duka meliputi gelaran GP Italia di Sirkuit Mugello pada Minggu (30/5/2021) malam WIB usai salah satu pebalap kelas Moto3, Jason Dupasquier, meninggal dunia.

Jason Dupasquier mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Careggi, Florence, Italia setelah menjalani perawatan intensif usai terlibat kecelakaan pada sesi kualifikasi, Sabtu (29/5/2021).

Kecelakaan tersebut melibatkan Jason Dupasquier serta pebalap asal Jepang, Ayumu Sasaki, di tikungan 9 (Arrabbiata 2) dan 10 (Scarperia) Sirkuit Mugello.

Baca Juga: Kecelakaan Fatal, Rider-Moto3 Jason Dupasquier Meninggal Dunia

Melansir laman resmi MotoGP, Jason Dupasquier tengah menjalani musim keduanya bersama tim CarXpert Pruestel GP di kelas Moto3.

Hingga menjelang GP Italia, Jason Dupasquier tercatat memulai balapan sebanyak lima kali dengan raihan terbaik finis ketujuh pada GP Spanyol, Mei lalu.

Sebelum terjun di ajang balap Grand Prix, Jason Dupasquier mengawali kariernya di ajang Supermoto dan menjadi juara nasional di Swiss.

Bakatnya menurun dari sang ayah, Phillipe Dupasquier, yang turun berkompetisi di pentas balap motocross semasa aktif.

Momentum untuk beralih ke ajang balap motor di lintasan sirkuit untuk Jason Dupasquier, terjadi setelah meraih gelar juara kejuaraan ADAC NEC Moto3 pada 2016 lalu.

Kemudian, kesempatan untuk terjun di ajang Red Bull Rookies Cup dan Kejuaraan Dunia Junior Moto3 diperolehnya pada 2018.

Namun, kariernya sempat terhenti cukup lama akibat cedera tulang paha sebelah kiri hingga akhirnya kembali mengikuti balapan pada musim 2019.

Musim itu, Jason Dupesquier sanggup mengakhiri musim pada posisi kedelapan klasemen akhir pebalap dalam Kejuaraan Dunia Junior FIM Moto3.

Peluang untuk tampil di kancah kejuaraan dunia Moto3 bersama tim PruestelGP diperoleh Jason Dupasquier pada musim 2020.

Debut balapan kelas Moto3 dilakoni Jason Dupasquier pada GP Qatar 2020 di Sirkuit Losail, dengan finis di peringkat 25.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00