Tips Merawat Mobil Saat Pandemi

Foto: ist

KBRN, Jakarta: Masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa–Bali ikut membuat kendaraan mobil Anda jarang dioperasikan.

Mengutip Bisnis, berikut tips untuk memastikan mobil Anda agar tetap prima.

1. Panaskan mobil selama 10–15 menit

Saat tidak digunakan, rutinitas memanaskan mobil tetaplah penting untuk dilakukan agar sirkulasi oli terjaga dan dapat tetap melumasi komponen-komponen di dalam mesin mobil dengan baik. 

Selain itu, rutinitas memanaskan mobil juga dapat menjaga daya aki agar tetap dapat bekerja secara maksimal dan tegangan listriknya tetap stabil.

2. Sesekali ubah posisi parkir mobil

Sambil memanaskan mobil, jangan lupa untuk sesekali mengubah posisi parkir agar roda ban juga ikut bergerak. Hal ini dapat memastikan bentuk ban tetap ideal karena tidak bertumpu pada satu posisi tertentu dalam waktu yang lama. 

Selain itu, roda ban yang terlalu lama didiamkan juga dapat kehilangan tekanan udaranya dan mengempis dengan mudah. 

3. Periksa kondisi bahan bakar dan oli secara rutin

Mobil yang lama tidak terpakai dapat menimbulkan pengendapan pada bahan bakar dan oli yang disebabkan oleh tidak adanya tekanan pada mesin.

Selain memanaskan mesin mobil secara rutin, jangan lupa juga untuk tetap memastikan bahwa mesin mobil memiliki level bahan bakar dan oli yang memadai.

4. Tetap jaga kondisi interior mobil

Berkurangnya penggunaan mobil selama masa PPKM Darurat juga dapat menyebabkan berkurangnya pertukaran udara di dalam kabin yang biasanya terjadi saat pengendara berada di dalam mobil. 

Ini menyebabkan interior mobil lebih lembab dan memicu jamur. Oleh karena itu, untuk menjaga kondisi interior mobil, jangan lupa untuk tetap membuka jendela atau panoramic sunroof  agar sirkulasi udara tetap terjaga. 

Bila perlu, pindahkan posisi parkir ke tempat yang terkena matahari agar dapat mengurangi potensi munculnya jamur. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00