Sambut Kemerdekaan RI, Pesawat Kepresidenan Dicat Merah-Putih

Pesawat Kepresidenan Dicat Merah-Putih (foto: Tangkapan Layar Instagram @adhimas_aviation)

KBRN, Jakarta: Belakangan ini media sosial sedang dihebohkan dengan informasi mengenai pesawat kepresidenan yang berganti warna menjadi merah putih dari sebelumnya putih biru.

Kabar tersebut pertama kali diinformasikan melalui foto yang diunggah oleh akun Instagram bernama @adhimas_aviation dengan caption "New Livery For A-001! A-001 Blasting Out From CGK Bound To Pelabuhan Ratu For Test Fight".

Melansir melalui CNBCIndonesia, Rabu (4/8/2021) foto yang memperlihatkan pesawat tersebut menuliskan Indonesian Government A-001 Boeing 737-8U3 (BBJ2).

Selain Boeing 737-8U3 (BBJ2), ternyata Helikopter Super Puma yang kerap digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dicat ulang dengan warna baru dan terungkap dalam akun Instagram resmi @skadronudara45.

Dalam unggahan foto tersebut, terlihat penampakan pesawat baru dan Super Puma dengan warna baru di dalam hangar pesawat.

Menurut penjelasan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono bahwa perubahan warna memang benar diganti, tetapi ada alasan dibalik penggantian warna cat itu karena menurutnya dalam rangka penyambut HUT RI yang ke-76 maka warna cat diubah menjadi merah-putih.

"Merah dan putih sesuai dengan warna bendera RI. Iya (menyambut) HUT RI," tutur Hery Budi Hartono dikutip melalui Poskota.co.id, Rabu (4/8/2021). 

Proses pengecatannya sendiri merupakan satu paket dengan Heli Super Puma dan Pesawat RI. Dan resncana pengecetan ini sudah dilakukan sejak 2019 lalu. 

"Perawatan rutin memiliki interval waktu yang sudah ditetapkan dan harus dipatuhi, sehingga jadwal perawatan ini harus dilaksanakan tepat waktu," jelasnya. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00