Terungkap, Temuan Monster-monster Seram Dasar Laut

(Florida International University)
(Florida International University)

KBRN, Florida: Inilah makhluk-makhluk kecil aneh berbaju zirah seperti tanduk, bertubuh aneh dan beberapa di antaranya dengan paku yang menonjol dari sisi-sisi mereka, bersembunyi di perairan Teluk Meksiko. 

Mereka muncul dalam susunan oranye dan biru, beberapa tembus pandang. Beberapa muncul seperti badan alien dan badan Si Bongkok dari Notre Dame. Mereka ini gambaran yang dapat membuat mimpi buruk. 

Tetapi bagi ilmuwan kelautan Heather Bracken-Grissom, mereka semua kebanyakan adalah udang. Beberapanya lobster. Ia mengatakan mereka semua itu larva.

Ada sejumlah pengamatan tentang monster berukuran mini yang aneh ini dalam beberapa abad terakhir, tetapi belum ada yang tahu apa sebenarnya mereka. Kandidat Ph.D. Carlos Varela dan Bracken-Grissom kini telah mengidentifikasi 14 spesies larva ini, menggunakan forensik laut dalam untuk mencocokkan larva yang tidak diketahui dengan rekan dewasa mereka yang sudah diketahui.

Tim peneliti mengirim jaring besar ke perairan dalam di teluk untuk mengambil spesimen. Kembali di lab, mereka melakukan tes genetik untuk mengidentifikasi spesies apa yang mereka miliki untuk menghubungkan titik-titik dalam silsilah keluarga evolusi. Udang diketahui melalui beberapa tahap larva, dan Bracken-Grissom mengatakan beberapa spesies yang mereka identifikasi mengalami banyak tahap larva yang berbeda sepanjang siklus hidup mereka. Beberapa spesies yang mereka kumpulkan hanya beberapa kali terlihat dalam bentuk larva oleh para ilmuwan, beberapa tidak pernah sama sekali.

"Saya senang kita bisa mengungkapkan dunia misterius dan aneh yang biasanya tidak kita lihat," kata Bracken-Grissom, seperti dikutip dari Florida International University, Rabu (20/10/2021).

Ini bukan pertama kalinya Bracken-Grissom memberikan identitas pada monster di kedalaman. Di antara spesimen yang dikumpulkan dalam upaya penelitian terbaru ini adalah larva utuh yang hanya pernah dia lihat sekali sebelumnya—ini adalah spesies yang dia identifikasi pada tahun 2012. Awalnya dikenal sebagai Cerataspis monstrosa, Bracken-Grissom menggunakan metode genetik yang sama kemudian untuk mengungkapkan monster kecil ini sebenarnya bentuk muda dari udang yang dikenal oleh para ilmuwan sebagai Plesiopenaeus armatus.

“Larva ini banyak ditemukan di zona mesopelagik, perairan terbuka antara 200–1.000 meter, dan kemudian menetap di dasar laut dalam saat dewasa,” kata Bracken-Grissom. "Sebagian besar adalah mangsa ikan, mamalia laut yang menyelam dalam dan cephalopoda, yang berarti mereka penting untuk rantai makanan."

Sementara Varela dan Bracken-Grissom telah memberikan wawasan tentang 14 makhluk ini, ada banyak makhluk lain dalam berbagai tahap siklus kehidupan yang para ilmuwan masih belum tahu siapa ibu dan ayah. Memecahkan misteri atas nama keanekaragaman hayati inilah yang mendorong Bracken-Grissom untuk terus mencari.

Tim mengumpulkan spesimen larva terbaru sebagai bagian dari Inisiatif Penelitian Teluk Meksiko. Temuan ini dipublikasikan di Diversity.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00