Beberapa Batu Rubi Tua Terhubung Kehidupan Purba

(University of Waterloo)

KBRN, Ontario: Saat menganalisis sejumlah batu permata berwarna tertua di dunia, para peneliti dari University of Waterloo menemukan residu karbon yang dulunya merupakan kehidupan purba, terbungkus dalam batu rubi berusia 2,5 miliar tahun.

Tim peneliti, yang dipimpin Chris Yakymchuk, profesor Ilmu Bumi dan Lingkungan di Waterloo, mencoba mempelajari geologi batu rubi untuk lebih memahami kondisi yang diperlukan untuk membentuk batu rubi. Selama penelitian di Greenland, yang berisi deposit batu rubi tertua yang diketahui di dunia, tim menemukan sampel batu rubi yang mengandung grafit, mineral yang terbuat dari karbon murni. Analisis karbon ini menunjukkan bahwa itu adalah sisa dari kehidupan awal.

"Grafit di dalam batu rubi ini benar-benar unik. Ini pertama kalinya kami melihat bukti kehidupan purba di batu rubi," kata Yakymchuk. "Kehadiran grafit juga memberi kita lebih banyak petunjuk untuk menentukan bagaimana batu rubi terbentuk di lokasi ini, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan secara langsung berdasarkan warna dan komposisi kimia batu rubi."

Kehadiran grafit memungkinkan para peneliti menganalisis properti yang disebut komposisi isotop atom karbon, yang mengukur jumlah relatif atom karbon yang berbeda. Lebih dari 98 persen dari semua atom karbon memiliki massa 12 satuan massa atom, tetapi beberapa atom karbon lebih berat, dengan massa 13 atau 14 satuan massa atom, seperti dikutip dari University of Waterloo, Jumat (22/10/2021).

"Materi hidup lebih disukai terdiri dari atom karbon yang lebih ringan karena mereka membutuhkan lebih sedikit energi untuk dimasukkan ke dalam sel," kata Yakymchuk. "Berdasarkan peningkatan jumlah karbon-12 dalam grafit ini, kami menyimpulkan bahwa atom karbon pernah menjadi kehidupan di zaman purba, kemungkinan besar mikroorganisme mati seperti cyanobacteria."

Grafit ditemukan di bebatuan yang lebih tua dari 2,5 miliar tahun yang lalu, saat di planet ini ketika oksigen tidak berlimpah di atmosfer, dan kehidupan hanya ada dalam mikroorganisme dan lapisan alga.

Selama penelitian ini, tim Yakymchuk menemukan bahwa grafit ini tidak hanya menghubungkan batu permata dengan kehidupan kuno, tetapi juga mungkin diperlukan agar rubi ​​ini ada. Grafit mengubah kimia batuan di sekitarnya untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi pembuatan rubi. Tanpa itu, model tim menunjukkan bahwa tidak mungkin membentuk batu rubi di lokasi ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00