Mikroorganisme Sensitif dengan Perubahan Iklim Besar Antartika

(Science)

KBRN, Ghent: Sudah lama para ilmuwan berasumsi bahwa mikroorganisme, karena pola distribusinya yang luas, terpengaruh perubahan iklim jauh lebih sedikit daripada tanaman dan hewan yang sering hadir di area distribusi yang sangat terbatas.

Dengan meneliti fosil mikroorganisme Antartika, tim internasional yang dipimpin oleh peneliti dari Ghent University dan Meise Botanic Garden menunjukkan bahwa asumsi ini tidak benar.

Selama Miosen Awal, sekitar dua puluh juta tahun yang lalu, Benua Antartika memiliki iklim sedang hingga subkutub. Benua itu sebagian besar ditutupi dengan vegetasi tundra dan hutan. Situasi ini berubah secara tiba-tiba ketika empat belas juta tahun yang lalu, benua itu mulai mendingin dengan cepat dengan lapisan es yang meluas di Antartika, dan tumbuhan serta hewan punah dalam skala besar.

Para peneliti menganalisis diatom dalam sedimen danau Antartika berusia 14 hingga 15 juta tahun, yang diendapkan tepat sebelum pendinginan besar Miosen dimulai. Diatom adalah salah satu kelompok alga yang paling beragam dan penting secara ekologis di dunia dan dapat dengan mudah menjadi fosil berkat dinding selnya yang terbuat dari kaca amorf, seperti dikutip dari Alpha Galileo, Jumat (21/10/2021).

Yang mengejutkan, tim menemukan lebih dari 200 spesies diatom dalam sedimen. Hampir setiap spesiesnya baru bagi sains.

Untuk alasan ini, para peneliti menganalisis lebih lanjut sedimen danau di tingkat genus, tingkat klasifikasi di atas spesies. Analisis ini menunjukkan bahwa komposisi spesies di Antartika Miosen cukup berbeda dengan karakteristik flora diatom Antartika saat ini, yang memiliki spesies jauh lebih sedikit. Sebaliknya, flora diatom Miosen menunjukkan kesamaan dengan flora kaya spesies yang saat ini ditemukan di daerah yang lebih hangat di belahan bumi selatan, seperti Amerika Selatan, Australia, dan Selandia Baru.

Berdasarkan hasil ini, para peneliti menyimpulkan bahwa flora diatom Miosen sebagian besar telah punah di Antartika karena perubahan iklim utama empat belas juta tahun yang lalu.

Para peneliti mendalilkan bahwa flora diatom yang sangat miskin spesies yang menjadi ciri Antartika saat ini berevolusi dari beberapa flora Miosen yang selamat dan pemukim baru yang beradaptasi dengan kondisi dingin.

Para peneliti menyimpulkan bahwa perubahan iklim besar, seperti yang terjadi di Antartika Miosen, dapat memiliki konsekuensi dramatis bagi mikroorganisme dan dapat menyebabkan gelombang kepunahan skala besar.

Karena mikro-organisme memainkan peran penting dalam fungsi ekosistem yang sehat, sangat penting untuk lebih memahami dampak perubahan iklim dan lingkungan terhadap keanekaragamannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00